Improvisasi Jazz Bagi Gitaris Klasik

Improvisasi jazz bagi gitaris klasik? Mulai darimana?

Musik klasik dan musik jazz tetap hidup dan disukai oleh masyarakat. Meskipun begitu, kedua musik ini memiliki dasar pemikiran musik yang berbeda. Musisi klasik memainkan dan membuat interpretasi berdasarkan not yang tertulis oleh komposer. Sedangkan musisi jazz memiliki kebebasan jauh lebih besar dalam memainkan dan membuat interpretasi berdasarkan not yang ditulis, ditambah juga dengan improvisasi yang selalu disisipkan di tiap permainan. Musisi jazz tentu saja tetap memiliki pola dalam berimprovisasi, misalnya 12 birama blues. Dalam jazz ada juga istilah swing, dimana pemain jazz memainkan not seperdelapan dengan ritme yang berbeda.

Irama Swing

ii

Improvisasi adalah salah satu tema yang mungkin menarik juga bagi musisi klasik. Namun apa itu improvisasi? Menurut kamus musik Pocket Music Dictionary, improvisasi adalah komposisi yang spontan. Saat berimprovisasi, kondisi yang muncul adalah kondisi “here and now” yang membuat kita harus menciptakan sesuatu di momen itu juga. Sehingga, pemusik yang sedang berimprovisasi harus terus melakukan komposisi secara spontan. Dion Janapria, musisi yang menggagas proyek “Gulir Bunyi” yang fokus terhadap improvisasi, juga mengungkapkan bahwa improvisasi adalah bentuk pengalaman yang harus dialami. Bukan hanya sekedar penjelasan konsep atau teknis. Kami juga akan segera mempublikasikan hasil wawancara kami dengan Dion Janapria dalam waktu dekat.

Autumn leaves in Classical guitar

Autumn leaves in Jazz Guitar

Jadi bagaimana cara untuk memulai improvisasi bagi gitaris yang belum pernah mencoba sebelumnya?

  1. Mulai dengan skala yang mudah

Pilih skala yang mudah untuk memulai improvisasi. Misalnya, memulai dengan skala pentatonis minor dalam jangkauan satu oktaf dan mulai bereksperimen dalam merangkai melodi dan ritme yang sederhana.

Skala pentatonis A minor

penta.png

  1. Variasi ritme dengan skala yang sama

Dari skala yang tadi sudah kita mainkan, coba mainkan skala yang sama dengan variasi ritme berbeda. Misalnya dalam ritme ternary atau swing.

ritme sam 1.png

ritme sam 2

  1. Buat melodi di skala yang sama

Ekplorasi melodi-melodi yang mungkin dimainkan di skala yang sama. Coba juga mainkan not kromatis menuju not yang ingin dimainkan. Dengan mencoba membuat melodi atau line sendiri, kita akan semakin terbiasa bermain secara spontan.

melodi 1.png

melodi 2

 

Sumber :

Jerry Bergonzi, Inside Improvisation, Advance Music, 1994

Wynton Marsalis, How Jazz Can Change Your Life, Gramedia Pustaka, 2006.

Pocket Dictionary, Hal Leonard, 1993

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s